RSS

Belajar Memahami

Ketika orang lain menangis, jangan pernah bertanya “kenapa kamu menangis?” tapi berilah pelukan untuk redakan tangisnya.

Ketika orang lain dalam masalah, jangan pernah bertanya “kamu punya masalah apa?” tapi berilah telingamu untuk mendengarkan keluh kesahnya.

Ketika orang lain membutuhkanmu, seharusnya kamu tak perlu bertanya dia butuh atau enggak, luangkan saja waktumu untuk sekedar membuatnya merasa dihargai, diperhatikan, dicintai, dan dimiliki.

Memang terkadang kita gak bisa selalu mengerti apa yang terjadi pada orang lain, gimana perasaannya, seberapa berat masalahnya atau apa yang harus kita lakuin buat dia. Tapi Tuhan menciptakan indra perasa manusia yang luar biasa. Yang gak pernah bisa dibohongi dengan cara apapun. Matanya. Matanya gak akan pernah bisa bohong.

Memang gak mudah kita bisa ngerti perasaan orang lain. Terkadang, mereka benar-benar gak butuh kita. Hanya ingin memendam sendiri apa yang sedang mereka rasakan. Itu privasi mereka. Dan… kita gak berhak tau dan ingin tau. Gak semua apa yang mereka rasain bisa mereka share ke kita. Saat-saat seperti itulah hati benar-benar berperan penting.

Selagi kamu masih mempunyai waktu buat orang-orang yang kamu kasihi, luangkan seidikit waktumu. Tatap matanya, peluk dia atau sekedar yakinkan mereka bahwa kamu bisa menjadi orang yang sangat mereka percaya untuk menumpahkan keluh kesahnya ketika mereka berada pada titik kesedihan.  Cinderung, mereka menutupi kesedihannya dengan senyuman palsunya. Walaupun gak ada jaminan kamu bisa selalu hadir, tapi usahakan kamu selalu bisa diajak bicara walau hanya lewat sebuah pesan singkat.

Intinya… jika kita melakukan hal baik kepada orang lain yakin deh, orang lain pasti akan melakukan hal baik pula kepada kita. Bahkan mungkin dua kali lipat lebih dari apa yang telah kita lakukan. Selamat belajar mengerti dan memahami orang lain J

Coretan anak labil bersama jari-jarinya…

0 komentar:

Posting Komentar