RSS

Dewasa? Not Easy

Dewasa. Dewasa itu bukan berarti tua, dan tua juga bukan berarti dewasa. Apasih yang bisa lo buktiin kalo lo udah dewasa? Kan banyak tuh, orang-orang yang ngakunya udah dewasa eh tapi sifatnya masih kek anak kecil. Dengan bangganya orang-orang diluar sana bilang, gue udah 17 tahun udah gede, udah dewasa, dan gue juga bisa lakuin apa aja yang gue mau. Bullshit! Gak semudah itu. Jalaninnya gak semudah seperti kata-kata yang keluar dari mulut lo. Orang bilang, dewasa itu seru, dewasa itu menyenangkan. Iya gue ngerti. Tapi, dibalik kedewasaan seseorang itu bukan dilihat dari sisi umurya, sisi raut wajahnya, juga sisi penampilannya. Dewasa itu, dimulai dari diri kita sendiri. Ngebuktiinya bukan dengan bualan-bualan yang gak penting kaya tadi. Lo udah masuk dalam dunia dewasa dimana lo bisa ngebedain antara mana yang bener mana yang salah, mau belajar, ngga egois, baik buruk, hitam putih, dalam hidup lo.

Dewasa itu butuh proses. Ngga semudah power rangers yang tinggal mencet-mencet jam ajaibnya terus bisa jadi pahlawan warna warni. Kalo diri lo udah mulai mengalami proses kedewasaan, yakin deh bakal banyak batu yang bakal ngehalangin langkah lo dalam meraih titik kedewasaan itu. Pertama, lo kudu bisa nghargain dan nerima pendapat orang lain. Cuma orang lain yang bisa menilai sisi lain kita, sisi luar kita yang gak mungkin bisa kita nilai sendiri. Yaaa, kalo mereka nilai sisi buruk lo, yaa lo harus nerima. Jadi, lo bisa memperbaiki dan belajar sisi buruk lo. Itu salah satu kuncinya. Kalo lo gak mau nerima pendapat mereka dan lo gak mau ngerubah diri lo, yaa lo gabakal bisa berubah jadi lebih baik. Nerima pendapat orang lain aja gak bisa, gimana lo bisa jadi dewasa. Yang kedua, lo harus banyak banyak belajar dari lingkungan sekitar lo. Biasanya sih, lingkungan sekitar sendiri yang nuntut kita buat jadi dewasa. Tapi, banyak juga diluar sana orang-orang tua yang selalu manjain putra putrinya. Lah, kalo dimanjain mulu kapan jadi dewasanya? Kapan mereka bisa mandiri? Makan sendiri, mandi sendiri, tidur sendiri… *apaapaanini -____- kembali lagi, jadi… lingkungan sekitar itu juga bisa mempengaruhi proses kedewasaan kita.

So, intinya buat kalian semuanya yang ngakunya udah dewasa gausah sok deh bangga-banggain diri kalian sendiri. Think again, kalo kata iklan “Jadi orang gede menyenangkan, Tapi susah dijalanin” nah, tuh dia. Kita harus banyak-banyak belajar dari orang lain. Jangan bisanya cuma banggain diri sendiri. Itu KUNO. Oke?

Jangan ngerasa bangga kalo diri kalian menjadi tua. Punya jabatan, kedudukan. Itu cuma topeng. Bukan prestasi. Prestasi itu, adalah ketika kita semakin matang dan semakin dewasa. Let’s do it ;)

Coretan anak labil dibawah teriknya matahari...

0 komentar:

Posting Komentar